Pertengahan Januari kemarin, saya mendampingi Ibu untuk mengurus penutupan rekening milik almarhum ayah di Bank BTN Cabang Panglima Polim, Jakarta Selatan. Ayah meninggal dunia karena sakit yang dideritanya, persis di penghujung tahun 2016. Berbekal Surat Keterangan Kematian, Surat Pernyataan Ahli Waris, dan persyaratan administrasi lainnya, rekening milik Ayah resmi ditutup.

Apakah setelah itu keluarga kami putus hubungan dengan Bank BTN? Jawabannya, tidak!

Ibu saya, sebagai ahli waris yang dikuasakan, malah berpikiran untuk meneruskan tradisi dan kebiasaan almarhum Ayah menabung di Bank BTN. Sebuah pilihan yang wajar dan saya pikir penuh rasa emosional. Kecintaan Ibu pada almarhum Ayah bahkan melebihi segalanya, termasuk menuruti kebiasaan untuk menabung di Bank BTN.

btn-kartu-suka-suka-4

Ketika Ibu diterima Customer Service Bank BTN Cabang Panglima Polim, Jakarta, yang ramah dan cekatan bekerja. (Foto: Gapey Sandy)

Saya masih ingat raut wajah Ibu yang belum sanggup menghapus kedukaan, manakala menyimak penjelasan petugas customer service Bank BTN bahwa almarhum Ayah hanya menabung dan terus menambah saldo tabungannya di Bank BTN, tanpa pernah melakukan penarikan saldo. Sesekali penarikan saldo itu ada, tetapi hanya dalam jumlah minim saja. Penjelasan tersebut disampaikan seraya mengucapkan turut berduka cita yang mendalam kepada keluarga kami. Alhasil bibir Ibu terlihat bergetar menahan isak tangis.

Akhirnya resmi sudah, Ibu membuka rekening atas namanya sendiri Bank BTN, di cabang tempat almarhum Ayah juga menabung semasa hayat dikandung badan.

Oh iya, ketika tengah menghadap customer service yang ramah dan cekatan itu, saya sendiri menerima penjelasan mengenai berbagai informasi aktual seputar Bank BTN. Mulai dari program #SerbaUntung atau disingkat SERBU BTN yang merupakan sebuah langkah mudah untuk meraih untung dengan hadiah yang semakin melambung bagi pemilik rekening Tabungan BTN Batara, berbagai layanan produk tabungan Bank BTN, dan masih banyak lagi.

Awalnya, saya sekadar tertarik dengan program SERBU BTN. Maklum, hadiahnya ciamik banget. Ada 32 sepeda motor, 30 mobil dengan berbagai varian, dan yang paling membuat jantung hampir copot itu adalah karena hadiah utamanya itu loh, satu rumah mewah! Ketertarikan ini yang pada akhirnya membuat saya menegaskan untuk membuka rekening Tabungan BTN Batara. Pokoknya, saya tidak mau kalah set dari Ibu yang sudah lebih dulu menyelesaikan pembukaan rekening tabungan Bank BTN-nya, heheheheeee

Jadilah saya memiliki rekening Tabungan BTN Batara. Buku tabungan berikut Kartu ATM, resmi saya miliki. Ooohhh … senangnya!

Diantara penjelasan demi penjelasan yang saya serap dari customer service tadi adalah adanya dua layanan aplikasi Bank BTN menggunakan telepon pintar, smartphone. Yaitu, BTN Mobile Banking dan BTN Digital Solution. Terus-terang kedua layanan ini menarik minat saya untuk segera mengunduh, melakukan koneksi, menjajal akses dan menikmati fitur-fiturnya.

Sama seperti ketika melakukan download aplikasi-aplikasi lainnya pada telepon pintar, aplikasi BTN Mobile Banking dan BTN Digital Solution tidak sulit untuk ditemukan. Tinggal search di menu Play Store maka keduanya pun muncul.

btn-kartu-suka-suka-5

Di Bank BTN Cabang Panglima Polim, Jakarta. (Foto: Gapey Sandy)

Tak mau menunggu lama, saya pun langsung mengunduhnya. Jreng! Kini ikon kedua aplikasinya sudah mejeng di wallpaper gadget saya. Gradasi warna dari biru muda ke biru tua yang menarik, dengan huruf pada tulisan yang berwarna kuning. Sungguh paduan warna yang sempurna, dan tidak membuat sepasang mata yang mulai menua ini harus makin memicing untuk membacanya.

BTN Mobile Banking

Untuk BTN Mobile Banking, sebagai user pertama-tama saya wajib mengisi terlebih dahulu Personal Identification Number (PIN). Terdiri dari angka dan huruf, jumlahnya ada delapan. Gampang kok, prosedurnya.

Sesudah punya PIN, ketika saya meng-click Bank BTN Mobile Banking, muncul dua pilihan: Login dan Pengaturan. Kalau pilih Login, maka perselancaran saya akan langsung diminta untuk mengisi PIN. Setelah itu, muncul tujuh menu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, yaitu Informasi Rekening, QR Pay, Transfer, Pembayaran, Pembelian, Layanan Nasabah, serta Suku Bunga dan Kurs.

BTN 11.jpg

Tampilan Bank BTN Mobile Banking dalam genggaman. (Sumber: Screenshot BTN Mobile Banking)

BTN 12.jpg

Fitur-fitur yang dapat menjawab kebutuhan transaksi perbankan nasabah. (SumberL Screenshot BTN Mobile Banking)

Saya mencoba klik Informasi Rekening. Rupanya yang langsung muncul adalah Nomor Rekening dan posisi saldo terakhir. Wah, ini jelas memudahkan sekali buat saya maupun kita semua yang menjalankan bisnis secara online, sebab apabila ada pelanggan yang bertanya apakah dana transfernya sudah diterima, maka tinggal gunakan Bank BTB Mobile Banking, maka jawaban pasti dapat diperoleh dengan segera.

Untuk fitur Transfer, saya melihat tampilannya ada tiga opsi: Transfer BTN, Transfer Ke Bank Lain, dan Daftar Tujuan Transfer yang menjadi catatan arsip tujuan transfer yang pernah dilakukan. Tapi, Daftar Tujuan Transfer ini tidak otomatis terpampang, karena user bisa kok menihilkan tujuan transfer yang sudah dilakukan untuk dimasukkan dalam daftar tersebut.

Lantas bagaimana dengan fitur Pembayaran? Ada tujuh pilihan yang tersedia, mulai dari Pembayaran Telepon/HP, Pembayaran Pinjaman, Listrik, TV Berlangganan, Kartu Kredit, dan (lagi-lagi) Daftar Pembayaran.

Fitur lain yang juga saya coba dalam menu adalah Pembelian. Bagi saya ini penting, karena zaman sekarang gitu loh, mau beli ini-itu tentu saya ingin yang selalu dengan cara praktis, hemat waktu, tapi jangan ribet. Pada fitur Pembelian ini, sementara baru ada tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu Isi Ulang Pulsa, Top Up GO-PAY, dan Daftar Pembelian. Bagi saya pribadi, fitur Pembelian begitu kaya manfaat. Maklum, saya termasuk pengguna prabayar untuk urusan isi ulang pulsa handphone. Sedangkan GO-PAY, sangat bertalian dengan aktivitas keseharian saya yang seringkali harus mobile di lapangan dengan cepat, sehingga fasilitas layanan Ojek Online pun menjadi semakin akrab digunakan.

Saya coba lakukan PembelianIsi Ulang Pulsa. Tidak banyak yang harus diisi dalam format kolom yang sudah disediakan. Nomor rekening Tabungan BTN Batara saya secara otomatis muncul pada kolom paling atas. Selanjutnya, tinggal mengisi nomor telepon yang akan diisi ulang pulsa, pilih tipe voucher, kemudian pilih lagi jumlah voucher yang nominalnya terdiri dari Rp 25.000, Rp 50.000, Rp. 100.000, dan Rp 150.000. Lalu tinggal klik, Kirim. Maka, taraaaaaaa … pulsa isi ulang pun dengan cepat berhasil ditambahkan. Eits, jangan khawatir, informasi sukses-tidaknya tahap demi tahap pembelian ini tampil (pula) di layar gadget. Malah kalau pembeliannya berhasil, transaksi juga muncul sebagai pesan pendek di layanan SMS.

btn-9

Tampilan fitur Isi Ulang Pulsa pada aplikasi Bank BTN Mobile Banking. (Sumber: Screenshot BTN Mobile Banking)

 

Satu lagi yang saya coba klik adalah fitur Suku Bunga dan Kurs. Wah, waahhh … layanan ini memudahkan user termasuk saya untuk dapat meng-update berapa harga jual mata uang asing secara real time. Jadi, enggak perlu lagi telepon atau datang langsung ke kantor cabang bank. Semua informasi tentang berapa nilai suku bunga dan kurs mata uang asing, bisa diperoleh secepat kilat.

Jujur ya, untuk membantu usaha dan rutinitas “lalu-lintas” dana di rekening tabungan bank, maka aplikasi dan layanan Bank BTN Mobile Banking, buat saya pribadi, sudah sangat lebih dari cukup. Semua urusan terselesaikan hanya cukup melalui “jemari dan genggaman”.

Okey, itu sekilas keunggulan layanan aplikasi Bank BTN Mobile Banking. Lantas bagaimana dengan layanan aplikasi Bank BTN Digital Solution?

BTN Digital Solution

Ikon Bank BTN Digital Solution tidak berbentuk kotak bujur sangkar, melainkan bundar. Ini jadi pembeda yang sangat kentara dengan aplikasi lainnya yaitu Bank BTN Mobile Banking, juga Bank BTN Internet Banking.

btn-1

Ikon Bank BTN Digital Solution. (Sumber: Screenshot BTN Digital Solution)

btn-8

Tampilan menu utama Bank BTN Digitan Solution. (Sumber: Screenshot BTN Digital Solution)

Bagi saya, menanamkan aplikasi BTN Digital Solution di gadget, seperti ibarat mempunyai “asisten pribadi” dalam genggaman. Betapa tidak, begitu saya meng-klik ikonnya, langsung muncul tampilan menu utama, yang sekaligus “menyapa” saya dengan mencantumkan user name: Selamat Datang R . Fadli. Keren kan?

Tampilan menu utama ini terbagi empat kolom. Paling atas adalah header yang bertuliskan BTN Digital Solution, lalu ada kolom yang menjadi semacam running advertisement dengan memampangkan berbagai produk dan jasa dengan suguhan promo menguntungkan.

Pada kolom berikutnya tak lain adalah menu utama itu sendiri dengan berbagai fitur pilihan yang bisa saya pilih. Tepat di tengah-tengah menu ada tulisan e-Banking yang kalau saya klik akan muncul tiga layanan bank berbasis elektronik yang dikembangkan Bank BTN, yaitu SMS Banking (USSD), Mobile Banking, dan Internet Banking.

BTN 13.jpg

Tampilan fitur Promo pada Bank BTN Digital Solution. (Sumber: Screenshot BTN Digital Solution)

Di sekeliling ikon e-Banking, ada delapan fitur pilihan yang mengitari yaitu e-Commerce, BTN Properti, Promo, Kartu Suka-suka, Pengaturan, Lokasi, Hubungi Kami, dan Pembukaan Rekening.

Pada bahagian halaman bawah tampilan menu utama, ada tiga opsi ikon yang bisa dipergunakan. Paling kiri, yang berlambang gagang telepon sudah tentu adalah fasilitas untuk membuat sambungan telepon langsung ke nomor 1500286 atau Contact Center Bank BTN. Di bagian tengah, yang berlogo seperti rumah yaitu fasilitas untuk kembali ke Home. Sedangkan paling kanan adalah Pengaturan yang bisa difungsikan untuk memperbaharui Profil maupun Tema.

Sekarang yuk saya coba buka beberapa fitur yang disuguhkan. Pada fitur e-Commerce, begitu di-klik, maka muncul 14 nama pelaku e-Commerce terkemuka. Sesuai urutan saya sebutkan saja yaitu Blanja.com, JD.ID, Tokopedia.com, Lazada.co.id, Bukalapak, OLX.co.id, ZALORA Indonesia, elevenia, JakartaNotebook.com, Bhinneka.com, MatahariMall.com, PerkakasKu – QR Pay, instanTicket – QR Pay, dan JualElektronik – QR Pay.

btn-7

Tampilan fitur e-Commerce pada Bank BTN Digital Solution. (Sumber: Screenshot BTN Digital Solution)

Sudah tentu, manakala saya meng-klik salah satu, misalnya Lazada.co.id, saya akan langsung terhubung ke halaman utama milik Lazada. Ketika menuliskan tulisan untuk lomba blog #btndigitalsolution ini saya sambil asyik melihat-lihat penawaran produk power bank yang sedang ditawarkan dengan harga promo bahkan setengah harga plus gratis biaya pengiriman. Heheheee … bukan promosi loh, tapi ini sekadar praktik bagaimana pengalaman berselancar dengan layanan aplikasi Bank BTN Digital Solution untuk fitur e-Commerce. Uuuppsss, pilihan warna power bank-nya pun cukup banyak.

Selanjutnya, saya coba klik fitur BTN Properti. Sesuai namanya, segala informasi seputar properti ada di sini. Misalnya, layanan untuk menemukan properti impian dengan cara memilih opsi yang disediakan, mulai dari rumah (yang) Dijual pada kisaran harga yang bisa saya pilih sendiri nominal harganya, dan juga rumah Agunan BTN. Ada juga Simulasi yang bisa saya manfaatkan untuk penghitungan rinci (pengajuan) kredit Properti, dan Harga Pasar.

 

btn-5

Tampilan fitur BTN Properti pada aplikasi Bank BTN Digital Solution. (Sumber: Screenshot BTN Digital Solution)

Bukan cuma itu, ada juga layanan untuk melihat Perumahan Terbaru lengkap dengan foto, lokasi dan nama pengembang, lalu Perumahan Terpopuler, Perumahan Bersubsidi, Blog yang berisi tulisan-tulisan menarik seputar properti, serta daftar nama-nama Developer. Wuuiihhh … lengkap banget yak panduan tentang propertinya.

Ada lagi fitur yang kece punya. Tidak lain adalah Kartu Suka-suka. Ini adalah fitur untuk membuat desain Kartu Bank BTN dan Kartu Bank BTN Syariah sesuka saya. Contoh desain yang tersedia keren-keren, bisa dipilih sesuai selera, namanya juga suka-suka. Hebatnya lagi, Kartu Suka-suka ini bisa dibuat desainnya sesuai keinginan masing-masing individu maupun komunitas. Jadi, jangan heran kalau komunitas pecinta sepeda fixie misalnya, bisa punya desain Kartu BTN sendiri. Wah, wah, wah … pingin juga segera buat Kartu Suka-suka nih buat Komunitas Blogger.

btn-kartu-suka-suka-0

Proses pembuatan Kartu Suka-suka. (Sumber: btn.co.id)

btn-kartu-suka-suka-1

Kartu Suka-suka bisa dimanfaatkan untuk Individu maupun Komunitas. (Sumber: btn.co.id)

Terus-terang saja, saya begitu termanjakan dengan menggunakan aplikasi BTN Digital Solution. Semua transaksi perbankan jadi begitu mudah, selain menjadi solusi bagi saya untuk memperoleh informasi seputar Bank BTN. Ibarat kata, BTN Digital Solution menjadi pintu masuk ke segala macam transaksi perbankan secara mudah, dengan interaksi koneksi yang cepat dan sudah tentu, terpercaya. Semua keandalan dan keunggulan ini memang menjadi bukti bahwa Bank BTN tidak salah apabila memperoleh Anugerah Perbankan Indonesia 2016. Karena, diantara kategori yang menjadi penilaian adalah Teknologi Informasi (TI) yang terus-menerus dikembangkan BTN sesuai perkembangan masa. Selain TI, kategori yang dinilai yaitu Finance Value Creation, Efficiency, Profit, Good Corporate Governance (GCF), Risk Management, Human Capital, Marketing, Corporate Communication, dan Corporate Social Responsibility (CSR). Wow … selamat ya Bank BTN atas pencapaian prestasi yang semakin moncer.

Sekali lagi, tak bisa dipungkiri, aplikasi Bank BTN Digital Solution menjadi fakta betapa pengembangan TI di bank berslogan Sahabat Keluarga Indonesia ini tak bisa dipandang sebelah mata. Apa yang disuguhkan melalui aplikasi ini sekaligus menjadi wujud keseriusan Bank BTN dalam melakukan transformasi digital guna terus meningkatkan layanan perbankan yang terbaik bagi seluruh nasabahnya, termasuk saya lohheheheheee.

Lebih dari itu semua, transformasi digital yang dilakukan Bank BTN sekaligus membuktikan komitmennya untuk mendukung Pemerintah mewujudkan Indonesia sebagai Negara dengan digital ekonomi terbesar di Asia. Sungguh, sebuah komitmen yang begitu heroik. Karenanya, tak berlebihan apabila pada 2017 ini, Bank BTN juga telah menekankan prioritas untuk melakukan transformasi bisnis perseroan berbasis digital banking. Khususnya, untuk mendukung core business-nya dalam mendorong pemenuhan program sejuta rumah.

btn-3

Tampilan fitur Kartu Suka-suka pada Bank BTN Digital Solution. (Sumber: Screenshot BTN Digital Solution)

BTN 2.jpg

Tampilan fitur Kartu Suka-suka untuk BTN Syariah. (Sumber: Screenshot BTN Digital Solution)

Seperti disampaikan Direktur Utama Bank BTN, Pak Maryono, pada Januari kemarin, transformasi BTN berbasis digital menjadi prioritas BTN di tahun 2017. Hal ini disebabkan semakin nyatanya dominasi dari kekuatan digital pada aspek bisnis di segala sektor dan lini masyarakat. Saat ini, penduduk Indonesia rata-rata usianya antara 20 – 30 tahun, serta dominasi generasi millenial menjadi pertimbangan BTN untuk menyelaraskan perkembangan arah bisnis ke arah pemakaian teknologi digital pada tahun ini.

“Pemahaman BTN terhadap generasi millenial serta pengembangan SDM generasi millenial di BTN menjadi perhatian manajemen, untuk mengantisipasi persaingan dan memiliki kehandalan bersaing di pasar. Bank BTN akan terus mengembangkan penggunaan teknologi digital terkini yang khusus maupun bersifat umum untuk mendukung layanan dan jaringannya,” tutur Pak Maryono seperti saya kutip dari situs resmi, btn.co.id.

Kebijakan Bank BTN untuk melakukan transformasi perseroan berbasis digital pada 2017 ini semakin meneguhkan kepatuhan untuk senantiasa mendukung target dan sasaran Pemerintah. Seperti kita tahu, pada 2016 kemarin, peta jalan (roadmap) yang menjadi panduan dan arah tujuan industri e-Commerce nasional mulai digaungkan. Setidaknya, ada  tujuh hal yang diatur dalam peta jalan tersebut, yaitu terkait masalah logistik, pendanaan, perlindungan konsumen, infrastruktur komunikasi, pajak, pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM), serta cyber security.

btn-10

Aplikasi BTN Digital Solution dan BTN Mobile Banking sudah tertanam di gadget. Narsis di wallpaper. (Screenshot: Gapey Sandy)

Roadmap ini penting, karena pada tataran negara-negara se-Asia Tenggara saja, Indonesia sudah semakin menempati posisi pamuncak dalam kaitan laju perkembangan e-Commerce. Nah, kalau merujuk pada populasi jumlah penduduk Indonesia yang begitu besar, tentu saja potensi perkembangan e-Commerce juga akan sama besar. Harapan untuk menjadikan Indonesia sebagai pelaku ekonomi digital terbesar se-Asia Tenggara dengan proyeksi nilai transaksi 130 miliar dolar Amerika Serikat per tahun, yakinlah pasti bukan hal mustahil. Apalagi, penetrasi pengguna internet bertumbuh semakin signifikan. Hal ini jadi salah satu faktor percepatan perkembangan e-Commerce secara nasional. Begitu juga dengan tarif sambungan internet yang makin terjangkau dengan jaringan pita lebar yang semakin luas, membuat antusiasme masyarakat untuk menggunakan internet semakin ‘menggila’ dalam berbagai aspek kehidupannya.

Akhirnya, saya berharap banyak kepada Bank BTN untuk mengaktualisasikan terus layanan aplikasi perbankan berbasis digitalnya. Last but not least, pengumuman lomba blog ini rencananya akan disampaikan pada Kamis, 9 Februari 2017. Bertepatan pada tanggal ini pula, Bank BTN merayakan hari jadinya yang ke-67 tahun. Sungguh sebuah perjalanan waktu yang tidak singkat. Cermin usia yang menggambarkan kearifan plus kebijaksanaan, bukan hanya sekadar sarat pengalaman dari tahun demi tahun yang penuh suka maupun duka, tapi juga ujian, tantangan, dan persaingan bisnis perbankan yang kian kompetitif.

btn-liputan6-com

Selamat ulang tahun ke-67 Bank BTN pada 9 Februari 2017 ini. Sukses selalu. (Foto: liputan6.com)

Selamat ulang tahun ke-67 Bank BTN.

Sukses selalu!

Iklan