TOYOTA 111

Peserta One Day Chlalenge Bersama Toyota berfoto bersama di Pasar Ah Poong, Sentul City. (Foto: Rosid)

Akhirnya saat yang ditunggu datang juga. Pengumuman pemenang lomba blog Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Berdebar saya baca perlahan. Sambil terus mengarahkan cursor keyboard ke layar bawah. Siapa tahu nama saya nyangkut jadi pemenang utama. Sehingga berhak menggondol hadiah uang tunai dengan total puluhan juta rupiah.

Meski biasa ikut lomba blog, percaya atau tidak, momentum memirit atau membaca sedikit demi sedikit nama para pemenang, selalu jadi ritual menegangkan. Adrenalin seakan memuncak. Jantung semakin berdegup, apalagi jumlah pemenang lumayan banyak. Ada tiga pemenang utama dan 20 pemenang hiburan pada lomba yang perjalanannya panjang dan sarat gengsi ini.

Sengaja saya sebut lomba blog ini membutuhkan perjalanan panjang, karena saya mengawalinya dengan melakukan peliputan langsung ke ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 pada 20 – 30 Agustus kemarin di ICE – BSD City, Tangerang Selatan. Hasil reportasenya saya tuangkan di media sosial Kompasiana dengan judul tulisan Pesona Grand New VELOZ dan Grand New AVANZA di GIIAS 2015.

Peserta berkumpul lebih dahulu di meeting point berai Starbuck, Plaza Semanggi, Jakarta. (Foto: Gapey Sandy)

Peserta One Day Challenge Bersama Toyota berkumpul lebih dahulu di meeting point gerai Starbuck, Plaza Semanggi, Jakarta. (Foto: Gapey Sandy)

Dalam tulisan tersebut, antara lain saya menulis: Apa filosofi yang dipegang teguh Toyota? Filosofi yang bersumber dari budaya lokal tradisional, namun mampu menjadikan produk otomotif Toyota semakin diakui kedigjayaannya oleh dunia. Tiada lain, itulah filosofi Kaizen atau improvement.

Kata “Kaizen”, dalam huruf Kanji, terdiri dari dua suku kata. KAI yang artinya ‘perubahan’ atau ‘kegiatan untuk memperbaiki’, dan ZEN yang berarti ‘kebaikan’ atau ‘tindakan yang bermanfaat’. Sehingga secara harfiah, KAIZEN bisa dimaknai dengan ‘untuk menjadi baik melalui perubahan’. Atau, sesuai arti improvement itu sendiri, yaitu perbaikan secara berkesinambungan.

Semangat melakukan Kaizen inilah yang kemudian muncul pada setiap timeline mobil besutan Toyota. Tak terkecuali, Grand New VELOZ dan Grand New AVANZA. Dua Multi Purpose Vehicle (MPV) anyar ini hadir mengusung perubahan yang jauh lebih baik dari edisi sebelumnya.

Para peserta terpilih jalan-jalan gratis One Day Challenge Bersama Toyota. (Foto: Toyota)

Para peserta terpilih jalan-jalan gratis One Day Challenge Bersama Toyota. (Foto: Toyota)

Tak dinyana, tulisan reportase yang saya awali dengan filosofi Kaizen itu membuat dewan juri yang berkompeten dan kredibel kepincut. Dan menjadikannya sebagai salah satu dari 20 tulisan blogger yang berhak atas hadiah hiburan. Alhamdulillah. Sukacita rasanya berhasil jadi pemenang. Maklum, dengar punya dengar, para blogger yang mengirimkan naskah tulisan pada lomba blog ini, konon jumlahnya banyak sekali. Artinya, review mereka tentang Grand New VELOZ dan Grand New AVANZA saling bertarung dalam kompetisi blogging yang ketat.

One Day Challenge with Toyota

Namanya juga hadiah hiburan, ke-20 blogger pemenang rupanya diundang secara khusus untuk mengikuti kegiatan yang bertajuk One Day Challenge with Toyota. Kegiatan selama satu hari penuh ini terlaksana pada Minggu, 15 November 2015. Waaahhhh … tak terperi, senangnya rasa hati.

Pada hari pelaksanaan, seluruh peserta berkumpul pada lokasi yang sudah ditentukan yaitu di gerai Starbuck, Plaza Semanggi, Jakarta. Secara informal dan rileks, seluruh peserta saling berkenalan. Diantara mereka, ada blogger perempuan yang masih sangat belia. Usianya baru 15 tahun. Nindya Prayastika namanya. Saya sempat berpikir, hebat sekali Nindy, sapaan akrabnya. Di usianya yang masih muda, ia berhasil menyisihkan banyak peserta lomba blog lainnya. Setelah saya ikut membaca tulisan Nindy yang diberi judul Perjalanan Penuh Cerita dengan Grand New Avanza, ternyata memang punya sisi humanis yang menarik.

Para peserta terpilih jalan-jalan gratis One Day Challenge Bersama Toyota. (Foto: Toyota)

Para peserta terpilih jalan-jalan gratis One Day Challenge Bersama Toyota. (Foto: Toyota)

Baca saja nukilan tulisan Nindy yang dituangkan dengan bahasa anak muda gaul dan kekinian. Nah, demi kenyamanan bersama, wajib hukumnya untuk bepergian menggunakan mobil yang cocok untuk Indonesia. Apa lagi kalo bukan Grand New Avanza! Kita semua pasti tau lah, Indonesia tuh negara yang luasnya pakek banget dan secara geografis bentukannya rada random. Dikit-dikit gunung, dikit-dikit pantai. Belom lagi jalanan yang berbatu dan berkelok-kelok. Jadi, wajib hukumnya memilih mobil keluarga Indonesia yang irit, aman dan nyaman! Dengan mesin terbarunya, 1NR-VE, 4-silinder 1,3 liter berteknologi dual VVT-i. Selain membuat Grand New Avanza lebih irit tapi juga ramah lingkungan. Soalnya mesin baru ini punya keunggulan berupa efisiensi yang lebih baik pada ruang bakar. Jadi, daya yang dihasilkan pun jadi lebih baik. Selain itu, emisi gas buang yang dihasilkan juga rendah, soalnya sebagian dari gas buang tersebut ada yang diproses kembali di ruang bakar,” tulis Nindy yang mengesampingkan tetek-bengek aturan Bahasa Indonesia EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan.

Sosok Nindy, blogger muda belia berbanding terbalik dengan Ali Muakhir. Akrab disapa Kang Alee, blogger asal ‘Paris van Java’ (Bandung) ini sudah kenyang asam garam dunia penulisan. Entah sudah berapa banyak pula buku yang diterbitkannya. Maklum, Kang Alee memang seorang profesional writer. Itu pula yang membuat saya mencuri baca tulisannya, yang diikutsertakan pada lomba blog ini.

Tulisan Kang Alee berjudul Grand New Avanza dan Grand New Veloz Mobil Keluarga Bahagia. Diantaranya, ia yang biasa menyebur dirinya sebagai lelaki berciput menuliskan tentang sisi kenyamanan berkendara, menggunakan Grand New Avanza.

Sebagian peserta menikmati sensasi berkendara dengan Grand New AVANZA. (Foto: Gapey Sandy)

Sebagian peserta menikmati sensasi berkendara dengan Grand New AVANZA. (Foto: Gapey Sandy)

 

TOYOTA ccc

Grand New AVANZA – Celebrating Life. (Foto: Toyota)

Kang Alee menulis: Grand New Avanza sangat nyaman karena: Suara mesin sangat kecil terdengar di dalam kabin, sehingga kabin lebih sunyi; Pelipatan kursi baris kedua, hanya perlu memutar knob tanpa harus mendorong sandaran jok untuk membuat sandaran jok rebah ke depan; Desain dan bahan jok diubah dan terasa lebih empuk, sehingga makin nyaman; Desain kursi jok baris ketiga bisa dilipat terbelah sehingga dapat dilipat salah satunya sehingga lega; Suspensi mobil ditingkatkan sehingga saat dalam kecepatan tinggi tetap nyaman; dan, Struktur lantai mobil juga lebih baik, sehingga mempermudah pengendalian”.

Bergeser sedikit dari waktu tengah hari, lima mobil Grand New VELOZ dan Grand New AVANZA beriringan menjemput para peserta di loby Plaza Semanggi. “Satu mobil, isinya empat blogger. Jangan khawatir, sudah kami siapkan supirnya,” seru Rosid, salah seorang panitia. Tanpa banyak cincong lagi, seluruh peserta mengikuti perintah, dan iringan kendaraan segera masuk jalan tol dalam kota untuk kemudian menuju lokasi tujuan bersama, Pasar Ah Poong (baca: apung) di Sentul City, Jawa Barat.

Membuktikan Keandalan Grand New Veloz

Dalam iring-iringan kendaraan, saya menumpang Grand New Veloz warna putih. Belum berapa lama menaikinya, kita semua seperti tersihir dengan interiornya. Beuuuhhhh … ini mobil nyaman banget yak! Paling nomor satu kita rasakan sudah pasti kursinya. Benar-benar empuk dan membuat kita nyaman, termasuk dengan sandaran punggung maupun kepala (headrest). Selain itu, suasana siang hari yang rada panas, berubah drastis makjleb manakala kita sudah didalam mobil.

Sebagian peserta menikmati sensasi berkendara dengan Grand New VELOZ. (Foto: Gapey Sandy)

Sebagian peserta menikmati sensasi berkendara dengan Grand New VELOZ yang bertuliskan Let’s Show The World di body samping. (Foto: Gapey Sandy)

TOYOTA bbb

Grand New VELOZ – Stylish dan Modern. (Foto: Toyota)

Tidak hanya itu, suasana Plaza Semanggi yang ramai dengan lalu-lintas di seputaran Jembatang Semanggi dan sekitarnya yang bising, rupanya juga tereduksi secara maksimal, ketika saya sudah duduk di kursi belakang supir. Kabin senyap yang menjadi salah satu keunggulan Grand New Veloz ternyata BUKAN BASA BASI. Dalam hal ini, terbukti dengan sendirinya apa yang pernah saya tulis dalam naskah yang dilombakan, yaitu: “Satu hal yang musti dicatat, suasana bising dan hiruk-pikuk di dalam arena GIIAS 2015 akan terreduksi, manakala kita berada dalam kabin Grand New VELOZ. Ketika duduk didalamnya, dan semua kaca serta pintu ditutup, saya menemukan kesan senyap yang sangat nyaman. Inilah fitur kenyamanan yang dinamakan Cabin Quietness, dan terbukti menjadi keunggulan tersendiri”.

Sebagai ‘penumpang’ yang duduk manis pada kursi bahagian tengah, saya benar-benar mendapatkan kesan lapang yang terkira. Kaki yang satu bisa saya angkat ke kaki yang lain tanpa merasa sesak. Hmmmm … untung supir kendaraan yang saya tumpangi adalah Malik, yang memang gape, lihai dan membuat seluruh penumpang semakin merasa nyaman. So comfortable-lah. Eh, setelah saya check anad recheck lagi ke tulisan saya sebelumnya tentang Grand New Veloz—ketika saya cermati di GIIAS 2015—, hal yang kurang lebih sama lagi-lagi dapat saya buktikan.

TOYOTA 444

Grand New VELOZ tampak belakang yang sporty dan stylish. (Foto: Gapey Sandy)

Untuk urusan kursi, waktu itu saya menulisnya, begini: Dari dalam kabin, saya menyaksikan sendiri, kursi Grand New VELOZ memiliki desain ergonomis sehingga menawarkan kenyamanan lebih (more comfortable seat) apalagi bila melakukan perjalanan jauh atau terjebak kemacetan. Hal paling mencolok nampak pada bentuk sandaran kepala atau headrest yang mampu menyuguhkan kenyamanan, sekaligus dapat disesuaikan tinggi-rendahnya. Pendek kata, kursi Grand New VELOZ mempunyai konsep One Touch Tumble yang memudahkan penumpang mengatur kenyamanan posisi duduk secara praktis. Bagaimana dengan seatbelt? Jangan khawatir, pokoknya ke-tujuh penumpang, termasuk pada kursi baris kedua atau tengah (dan belakang) siap untuk dapat mempergunakan seatbelt. Inilah salah satu satu safety feature yang disajikan Grand New VELOZ.

Soal seatbelt ini, saya sempat menemukan kejadian menggelikan. Yaitu, ketika sempat duduk di kursi penumpang depan. Saya yang terlambat memasang seatbelt awalnya hanya melihat ada lampu merah yang memberi peringatan bahwa seatbelt belum terpasang. Eh, agak lama terbiarkan, kemudian malah muncul suara beep beep yang cukup mengganggu. Rupanya, inilah yang dinamakan Seat Belt Warning. Berbunyi ketika pengemudi maupun penumpang pada kursi bahagian depan tidak memasang seatbelt secara benar. Saya jadi tersenyum geli sendiri. Seraya dalam hati mengacungkan dua jempol untuk urusan keamanan berkendara dengan Toyota ini. Saya jadi ingat, bukankah memang Toyota memiliki jargon “We Are Safety Leaders”. Ternyata, ini terbukti benar!

TOYOTA 777

One Day Challenge Bersama  Toyota makin membuktikan fitur entertainment yang dahsyat telah dibenamkan di Grand New VELOZ. (Foto: Gapey Sandy)

Dalam satu kesempatan, ketika Malik sudah memarkirkan kendaraannya, saya mencoba membuka panel body belakang. Pintu terbuka mengarah ke atas. Apa yang saya saksikan sungguh membuat decak kagum. Bagaimana tidak? Pemandangan ruang kabin bagasi yang cukup lapang nampak jelas terlihat. Bagasi ini masih dapat dibuat lebih lapang lagi, dengan cara melipat kursi belakang pada baris ketiga. Lipatannya, bisa dua kali. Pertama, sandaran direbahkan ke depan. Lalu kedua, dudukan kursi diangkat naik ke arah depan. Sungguh, inilah yang membuat Grand New VELOZ menjadi MPV paling stylish selain multiguna, sesuai namanya, sebagai kendaraan angkutan penumpang maupun barang. Satu hal lagi, masih di jajaran kursi belakang, saya lihat sendiri, terpasang seatbelt yang memberi nilai lebih untuk fitur keselamatan dan keamanan penumpang.

Jujur ya, saya yang duduk di belakang supir merasa aman. Bersandar di pintu sisi kanan sambil mematut-matut seluruh interior, saya ingat betul bahwa Grand New VELOZ punya garda pengaman. Namanya, Side Impact Beam pada pintu samping. Ini fungsinya memberi proteksi penumpang dan pengemudi dari benturan samping. Gimana enggak keren nih MPV? Udah nyaman, aman pula … beuuuhhhh!

TOYOTA 888

One Day Challenge Bersama Toyota makin membuktikan kabin lega dan senyap dimiliki oleh Grand New VELOZ. (Foto: Gapey Sandy)

Seperti peneliti yang bertemu dengan obyek penelitiannya, saya pun dengan mudah melihat panel speedometer. Ada Eco Lamp Indicator yang menginformasikan ke Malik selaku pengemudi, untuk berkendara secara efisien, hemat energi, meski tetap dengan performa maksimal. Warna lampu putih dan biru pada indikator speedometer juga makin menambah joss! untuk visibilitas informasi berkendara.

Nah, kalau pada tulisan yang saya sertakan untuk lomba saya mengaku kurang puas karena belum sempat melakukan test drive, khususnya untuk merasakan sendiri, bagaimana tingkat kenyamanan suspensi. Maka, ketika Malik melakukan sejumlah manuver pada jalan berliku, menurun, menanjak dan melintasi jalan yang beraspal kurang bagus, disinilah saya menemukan fakta. Bahwa ternyata memang, Grand New VELOZ benar-benar sudah menyesuaikan sistem suspensi MacPherson Strut, dan suspensi belakang dengan per koil, sehingga mampu menambah stabilitas dan kenyamanan berkendara. Fakta ini tak bisa dipungkiri, sesudah saya ikut One Day Challenge bareng Toyota dengan menaiki langsung kendaraannya ‘loch.

One Day Challenge Bareng Toyota untuk Let's Show The World dengan Grand New VELOZ. (Foto: Gapey Sandy)

One Day Challenge Bersama Toyota untuk Let’s Show The World dengan Grand New VELOZ. (Foto: Gapey Sandy)

Hal lain yang saya buktikan sendiri adalah sial instrumen atau fitur entertainment. Dari kursi bahagian tengah, mata saya mudah untuk langsung menuju ke dashboard yang berwarna serba hitam. Inilah yang disebut New All Black Tone Dashboard Panel Design. Fitur hiburan yang dibenamkan Grand New VELOZ pada dashboard benar-benar ciamik. Pada tipe 1.500 cc ini, terdapat 6,1 inch touchscreen CD, DVD, AM/FM radio tuner, USB, AUX, dan tersedia fitur untuk Bluetooth juga iPod. Pada gagang setir, sebelah kiri, terdapat kontrol sistem audio. Malik pun enggak usah repot pencet sana-sini pada fitur entertainment di tengah dashboard, cukup sentuh menggunakan jari jempol kiri untuk mengubah playlist musik, radio, atau volume sesuai keinginan.

Saya sempat memerintahkan Malik mengeraskan volume salah satu radio ibukota yang tengah memutarkan hits. Hasilnya? Memuaskan. Bass dan treble sangat dinamis. Dentuman bass tidak membuat body mobil bergetar, sedangkan suara treble tidak mengakibatkan kuping seolah seperti ‘tertusuk’.

TOYOTA 262626

One Day Challenge Bersama Toyota beriringan menuju Pasar Ah Poong, Sentul City. (Foto: Gapey Sandy)

Pokoknya, dengan mengikuti One Day Challenge bareng Toyota ini, segala hal yang belum saya rasakan sendiri tentang ketangguhan Grand New VELOZ, langsung terbukti secara faktual.

Goyang Lidah di Pasar Ah Poong

Di Pasar Ah Poong, seluruh peserta menerima pembagian kartu deposit sebagai alat pembayaran secara nontunai. Waaahhhh … hebat ya, konsep Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang memang terus disosialisasikan Bank Indonesia, sudah berlaku di sini. Kartu ini bisa dijadikan alat pembayaran sesuai nilai nominal yang diisikan dan juga bisa di-top up. Praktis. Bayar? Tinggal tempel kartu pada semacam mesin EDC, dan saldo otomatis berkurang.

TOYOTA 111111

One Day Challenge Bersama Toyota sampailah di Pasar Ah Poong, Sentul City. (Foto: Gapey Sandy)

Sampailah di Pasar Ah Poong, Sentul City dengan suasana Sungai Cikeas yang menonjol. (Foto: Gapey Sandy)

Sampailah di Pasar Ah Poong, Sentul City dengan suasana Sungai Cikeas yang menonjol. (Foto: Gapey Sandy)

Hanya sekitar satu jam dari Plaza Semanggi kita sudah sampai di Pasar Ah Poong. Inilah restoran dengan konsep terbuka yang menggabungkan keindahan  pemandangan Sungai Cikeas, dengan ratusan menu yang dijamin menggoyang lidah pengunjung. Menu beragam ini, konon merupakan rekomendasi pakar kuliner Bondan Winarno bersama jaringan foodcourt Eat & Eat yang di sudah tenar itu.

Di sisi kanan kiri Pasar Ah Poong ada dua jembatan gantung. Tepatnya, dari arah seberang Masjid Andalusia, atau dari arah Taman Energi di Eco Art Park. Jembatan ini memberi kesan unik. Pasar Ah Pong juga memberikan keunikan tersendiri karena sajian pusat kulinernya juga seolah dilakukan di atas perahu yang sedang mengapung di Sungai Cikeas.

TOYOTA 131313

Taman Patung yang sejuk di Pasar Ah Poong, Sentul City . (Foto: Gapey Sandy)

TOYOTA 222222

Sajian kuliner seolah di kapal yang tengah terapung di Sungai Cikeas . (Foto: Gapey Sandy)

Eco Art Park lokasinya bersebelahan atau di samping Pasar Ah Poong. Ini merupakan tempat bermain anak-anak. Rombongan peserta juga melintasi Taman Patung, Taman Energi, Taman Bambu dan sejumlah taman lainnya. Ada juga perahu-perahu tradisional yang bisa ditumpangi. “Tarifnya sukarela, berapa saja silakan. Tidak ada patokan tarif naik perahu ini. Di sungainya, terlihat banyak sekali ikan-ikan Mas berukuran lumayan besar. Mereka siap menerima lemparan pelet atau panganan ikan dari pengunjung. Pelet-nya bisa dibeli di pinggir perahu berlabuh,” kata salah seorang ‘nakhoda’ perahu.

Menu yang ada di Ah Poong? Waduh, jangan tanya. Mau apa saja, semua tersedia! Sajian menu favorit umumnya adalah Konro Makassar Cendana, Nasi Goreng Guan Tjo dari Bogor, Gado-Gado Cipete, Tahu Lym dari Kediri, Sate Kuah dan, Soto Tangkar Galaxy, Snow Ice Singapore, Barbeque Carnivor, Japanese Ramen, Aneka Sate, Serabi, Ayam Bakar Madu, Mie Kocok Gang Rama Bandung, Sop Buntut, Batagor Bandung, Pecak Bandeng, Nasi Bamboe Bakar, Sop Buntut Bakar, Baso Steamboat, Rumah Sumsum dengan menu andalan Sop Sumsum – Nasi Bakar Sumsum – Nasi Goreng Sumsum – Sate Sumsum, Mie Aceh Peunayong, Nasi Campur khas Bali, Soto Mie Bogor, Sate Padang, Mpek Mpek, Bakmi Kepiting khas Pontianak, Kupat Tahu Bandung, Nasi Kebuli Filania, Kembang Tahu dan masih banyak lagi.

TOYOTA 232323

Sajian kuliner Nasi Campur khas Bali di Pasar Ah Poong, Sentul City. (Foto: Gapey Sandy)

TOYOTA 212121

Konro Bakar khas Makassar yang yummy itu. (Foto: Gapey Sandy)

Dengan menu pilihan yang sebegitu banyak, apa enggak bikin lidah kita makin bergoyang, hah? Pokoknya, pecaaahhhhhhh

Ketika menjelang sore, rombongan bersiap kembali pulang ke Jakarta. Perut kenyang, foto-foto sudah, dan puas bercengkerama. Dalam perjalanan pulang, iring-iringan kendaraan rombongan diterpa hujan lebat dan angin kencang. Saya yang duduk di kursi penumpang depan tetap tenang menghadapi cuaca ekstrim seperti ini.

Seandainya pun terdapat genangan air di Sentul maupun di ibukota, saya bersama rombongan yang ada di Grand New VELOZ tak akan pernah berciut nyali. Kenapa? Ingat loch, saya pernah menulis, salah satu keunggulan Grand New VELOZ dan Grand New AVANZA adalah menempatkan posisi engine hood di atas grille. “Artinya, dalam kondisi banjir apabila permukaan air masih pada batas grille, tak usah khawatir mogok. Hal ini semakin menyadarkan kita semua bahwa Toyota memang senantiasa memproduksi kendaraan sesuai kondisi alam dan infrastruktur negara-negara yang akan menjadi pasarnya,” tulis saya kala itu.

Juice Medan Deli yang mak nyuss dan Kartu Deposit Non Tunai untuk transaksi di Pasar Ah Poong. (Foto: Gapey Sandy)

Juice Medan Deli yang mak nyuss dan Kartu Deposit Non Tunai untuk transaksi di Pasar Ah Poong. (Foto: Gapey Sandy)

Menikmati suasana air dengan perahu tradisional. (Foto: Gapey Sandy)

Menikmati suasana air dengan perahu tradisional. (Foto: Gapey Sandy)

Bagaimana dengan cipratan air dan lumpur di tengah hujan badai seperti ini? Aaaahhh … lagi-lagi tenang. Grand New VELOZ yang saya tumpangi sudah mengantisipasinya. Lihat saja dari sisi samping. Grand New VELOZ menampilkan style yang sporty dan berkarakter. Menggunakan ukuran ban 185/65 R15, Grand New VELOZ menampilkan New Sporty Alloy Wheel Design dengan velg baru yang kian jreng! Dari depan ke samping, tetap dipertahankan kehadiran semacam aero mudguard yang melekat pada body samping bahagian bawah, persis di bagian belakang ban depan lalu memanjang hingga ke hadapan ban belakang. Selain menambah eksentrik, fungsi ‘aero mudguard’ melindungi dari cipratan air maupun lumpur. Nah kan, terbukti lagi keandalannya!

TOYOTA aaa

Saatnya pulang. Terima kasih sudah diajak jalan-jalan ONE DAY CHALLENGE BERSAMA TOYOTA. (Foto: Gapey Sandy)

 

Akhirnya, tiada kata yang layak terucap kecuali terima kasih kepada Toyota atas One Day Challenge ini. Salam … We Are Safety Leaders! Cheers …Ceklik!

 

Iklan